Sejak tahun 2019, Kementerian Pertanian mengembangkan obor pangan lestari (OPAL). Dengan OPAL diharapkan masing-masing rumah tangga dapat memanfaatkan pekarangan dengan menanam buah-buahan, sayur-sayuran, bahkan memelihara ikan.

Bagi masyarakat di wilayah perdesaan biasanya masih banyak pekarangan yang belum dimanfaatkan secara maksimal. Untuk itu bisa dimanfaatkan dengan menanam beraneka macam sayur-sayuran dan buah-buahan. Baik tanaman semusim atau tahunan, menyesuaikan keadaan pekarangan. Misalnya terung, tomat, sawi, cabai, bunga kol dan lain-lain untuk tanaman semusim. Sedang tanaman tahunan berupa lengkeng, jambu air, jambu biji kristal, srikaya jumbo, buah naga, pepaya calina dan lainya.

Sedangkan bagi warga yang pekarangannya luas bisa mengkombinasikan dengan kolam ikan dan ternak ayam kampung atau kambing. Kotoran hewan baik yang padat atau cair dikumpulkan untuk difermentasi sebagai pupuk organik untuk tanaman. Ini bisa menghemat biaya pembelian pupuk dan sekaligus mempraktikan sistem pertanian terpadu.

Bagaimana dengan masya rakat perkotaan yang luas pekarangan terbatas? Kondisi itu jangan dianggap sebagai kendala. Keadaan ini bisa disiasati dengan tanam sistem hidroponik atau juga tanam buah dalam pot (tabulampot). Seperti yang dilakukan Dinas Pertanian Bojonegoro yang mengem bangkan OPAL di depan lahan kantor dengan sistem hidroponik, tabulampot dan kolam ikan.

Helmy Elisabeth, Kepala Dinas Pertanian Bojonegoro mengatakan, OPAL merupakan salah satu upaya untuk pemanfaatan lahan pekarangan, serta upaya pemenuhan gizi masyarakat baik nabati maupun hewani. “Apabila dilakukan secara konsisten dan masif, OPAL bisa sebagai upaya diversifikasi pangan,” ujarnya. Hal senada dikatakan Zaenal Fanani, Kepala Bidang Tanaman Pangan dan Hortikultura Disperta, OPAL sebagai prototipe bahwa pangan tidak harus membeli, tetapi bisa dicukupi sendiri dari pekarangan. “Sebagai percontohan kita kembangkan tanaman hidroponik, kolam ikan, dan Tabulampot media tanah,” katanya.

Oleh Sri Sumi Setyorini, SP


By Admin
Dibuat tanggal 18-01-2020
8904 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
26 %
Puas
45 %
Cukup Puas
3 %
Tidak Puas
26 %