Perkembangan informasi dan teknologi atau bahasa kerennya (IT) semakin tidak terbendung dengan derasnya aliran jaringan internet yang sangat mudah di dapatkan oleh semua kalangan baik itu anak – anak, remaja, dewasa bahkan yang tua tidak mau ketinggalan (ikut ambil bagian).

Seperti pepatah banyak jalan menuju rumah. Kita petugas penyuluh petanian terutama dalam membidik terget/sasaran yaitu pelaku utama dan usaha,  harus seakurat mungkin agar tidak meleset.

Langkah-langkah yang kita tempuh diantaranya, 1) mengenali lingkungan/wilayah; 2) memastikan sasaran yaitu pelaku utama ada (petani); 3) langkah selanjutnya kita mengintai secara pelan dan perlahan agar sasaran tidak kabur karena kedatangan kita (pendekatan secara berkelanjutan). Dengan adanya perencanaan yang matang diharapkan bisa mencapai hasil yang maksimal.

Pada kegiatan Pembinaan kelompoktani  tepatnya di kelompok tani Budi Luhur satu dan II di  Desa Ngranggoanyar Kecamatan  kepohbaru kabupaten Bojonengoro penyuluh menyampaikan materi  tentang  pemanfaatan internet dengan media online  Cyber Extention dengan  harapan kelompoktani beserta anggotannya mampu mencari dan mengali  informasi - informasi terbaru, khususnya perkembangan di sektor   pertanian dengan bermodalkan  handphone, laptop, dll.  , terutama tentang  informasi – informasi pertanian yang selalu berkembang setiap saat. Baik itu informasi yang berkaitan dengan budidaya tanaman, pasar, alsintan, perbankan/perkoperasian, iklim, stok ketersediaan bahan pangan, dan lain masih banyak yang lainnya.

Sebelum kegiatan di tutup penyuluh berpesan kepada anggota kelompoktani  untuk bisa memanfaatkan media - media elektronik secara bijak  guna untuk   meningkatkan pengetahuan, sikap dan keterampilan, sehingga bisa membawa perubahan khususnya dalam peningkatan produksi pertanian secara nyata.

oleh ; Mudjito PPL kec Kepohbaru, kab Bojonegoro


By Admin
Dibuat tanggal 22-06-2020
290 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
26 %
Puas
45 %
Cukup Puas
3 %
Tidak Puas
26 %