Dalam upaya mendampingi petani yaitu khususnya petani tembakau,  Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro mengadakan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SL-PTT) tembakau di kelompok tani Sumber Rejeki, Desa Bulu, Kecamatan Sugihwaras, Kabupaten Bojonegoro, Selasa (16/6/2020)

SL-PTT dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pertanian Bojonegoro, Ibu Helmy Elisabeth. Diikuti oleh 20 orang petani. Juga dihadiri Kepala Seksi Tanaman Semusim, Kordinator Penyuluh, PPL, dan POPT-PHP Kecamatan Sugihwaras.

Ibu Helmy dalam sambutanya mengatakan bahwa dalam SL-PTT ini petani akan didampingi dan dibimbing oleh penyuluh pertanian dalam berusahatani tanaman tembakau mulai pengolahan lahan, penanaman, perawatan, pemupukan, pengendalian hama dan penyakit sampai panen.

Ini semua bertujuan agar hasil panen petani semakin meningkat, baik dari segi kuantitas dan kualitas. Selain itu Disperta juga menjalin kemitraan dengan pabrikan untuk menampung atau membeli hasil panen tembakau petani agar harga pasar tetap stabil.

Ibu Helmy berharap pelaksaanaan SL-PTT tembakau ini membawa manfaat bagi petani.

Pelaksanaan SL-PTT ini berlangsung selama lima kali pertemuan dengan jadwal sebagai berikut :
1. Pembukaan dan penjelasan SL-PTT tembakau tanggal 16 Juni 2020.
2. Pengamatan agro ekosistem di Laboratorium Lapang, pembahasan dan presentasi hasil pengamatan tanggal 7 Juli 2020.
3. Pupuk dan pemupukan pada tembakau tanggal 4 Agustus 2020.
4. Hama dan penyakit pada tembakau dan pembuatan pestisida nabati tanggal 18 Agustus 2020.
5. Pola kemitraan dan pasca panen tanggal 8 September 2020.

Kordinator penyuluh Kecamatan Sugihwaras, Bapak Murjito, secara teknik menekankan kepada petani peserta SL-PTT agar bercocok tanam tembakau dengan benar sesuai tehnologi anjuran khususnya tentang pemupukan. Agar pemupukan bisa pas dan benar sesuai kebutuhan tembakau maka SL-PTT ini harus diikuti secara lengkap, tidak boleh absen. Seandainya terpaksa tidak bisa hadir mohon ijin kepada ketua kelompok

Oleh : Handoko, SP, PPL BPP Sugihwaras


By Admin
Dibuat tanggal 22-06-2020
425 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
26 %
Puas
45 %
Cukup Puas
3 %
Tidak Puas
26 %