Pusat Pelatihan Pertanian Perdesaan Swadaya (P4S) Klinik Pertanian Pak Joko yang bertempat di jalan veteran Bojonegoro merupakan P4S  yang bergerak di bidang Pertanian dan cenderung di fokuskan pada pengembangan Pertanian Organik.

Sudah banyak pembelajaran/edukasi yang dilakukan terhadap masyarakat tentang pengembangan Agent Hayati dalam rangka mendukung pengembangan Pertanian berbasis organic.

Kali ini P4S Klinik Pertanian Pak Joko mengadakan pelatihan gratis terhadap masyarakat umum yang di ikuti oleh 124  orang dengan tema “Pelatihan Budidaya Porang”, karena tanaman ini mulai booming di masyarakat. pesertanya sampai  melebihi target yang di tentukan.

Hadir sebagai Narasumber dalam pelatihan Budidaya Porang ini beberapa orang praktisi dari Kabupaten Madiun yang sudah sukses dan berhasil jadi jutawan.

Suyanto, seorang praktisi yang sukses memotivasi kepada peserta agar menangkap peluang ini untuk bisa mengembangkan tanaman porang yang sangat menjanjikan.

Bukan itu saja,tanaman porang juga merupakan  komoditas Expor bernilai ekonomi tinggi.

 Di luar negri  porang banyak dimanfaatkan sebagai bahan baku pembuatan aneka makanan.Bahkan porang juga berguna di industry dirgantara, yakni sebagai bahan baku lem  perekat untuk pesawat,dan masih banyak lagi ungkapnya.

Di tempat yang sama Sukamto sebagai pratisi yang telah sukses juga memotivasi pada peserta  agar mengembangkan tanaman porang ini untuk bisa bekerjasama dengan perusahaan lewat Asosiasi Petani Porang.

Bentuk kerjasama yang ditawarkan antara lain petani membeli bibit dan produksinya akan di beli perusahaan atau investasi modal pengelola dari perusahaan yang bekerjasama dengan Administrator Kesatuan Pemangku Hutan( KPH ).

Dibalik pelaksanaan Pelatihan Budidaya Porang ini, Alhamdulillah peserta banyak  merespon akan mananam dan bekerjasama dengan Asosiasi. Selanjutnya setelah pelatihan ini harapan kami akan mucul Asosiasi Petani Porang Pati (Asperati) Kabupaten Bojonegoro.

Oleh Sriani, SP - Penyuluh Pertanian Kabupaten Bojonegoro


By Admin
Dibuat tanggal 27-02-2020
459 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
26 %
Puas
45 %
Cukup Puas
3 %
Tidak Puas
26 %