Panen Raya Padi Hasil Pengelolaan Tanaman Terpadu di Desa Temu

dinperta.bojonegorokab.go.id - Dalam upaya meningkatkan hasil tanaman padi Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bojonegoro, Kamis ( 19/09/2024 ), melakukan kegiatan Farm Field Day ( FFD ) Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu ( SL- PTT ). Kegiatan sekolah lapang pengelolaan tanaman terpadu ini di gelar di Desa Temu, Kecamatan Kanor, Kab. Bojonegoro dengan melibatkan 56 kelompok tani yang tersebar di 28 kecamatan.

Menurut kepala dinas ketahanan pangan dan pertanian Bojonegoro, Helmy Elisabeth. SP. MM,
Kabupaten Bojonegoro selain penghasil minyak dan gas (Migas), juga sebagai salah satu Kabupaten yang menjadi lumbung pangan nasional dengan luas baku sawah seluas 83.197 hektar.

” Bojonegoro sebagai penyumbang padi terbesar ke 3 se Jawa Timur dan Indonesia,” ucap Helmy Elisabeth dalam sambutannya.

Dikatakan Helmy Elisabeth, Peningkatan produksi dan produktivitas khususnya padi masih perlu terus dilakukan. Salah satu metode dalam rangka mendukung peningkatan tersebut adalah dengan Sekolah Lapang. Dan pada 2024 ini Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bojonegoro menganggarkan kegiatan Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu pada 56 kelompok tani di 28 Kecamatan di Kabupaten Bojonegoro.

Lebih lanjut dikatakan, sekolah lapang Pengelolaan tanaman terpadu padi merupakan metoda alih teknologi kepada petani sebagai pembelajaran PTT guna mendukung program nasional peningkatan produksi dan swasembada beras di Indonesia khususnya di Kabupaten Bojonegoro.

Kegiatan Farm Field Day dengan memanen tanaman Padi hasil penerapan PTT yang berada di lokasi lahan Sawah Kelompok Tani Rindang, Desa Temu, Kecamatan Kanor juga dihadiri petani peserta SLPTT dari Kecamatan Sumberrejo dan Kecamatan Baureno.

Diharapankan kegiatan sekolah lapang pengelolaan tanaman terpadu (SLPTT) ini dapat membawa manfaat bagi petani di Bojonegoro khususnya dalam rangka peningkatan produksi dan produktivitas tanaman pangan di Kabupaten Bojonegoro melalui penerapan teknologi pada kegiatan Sekolah Lapang dan semoga dapat menciptakan SDM – SDM Petani yang Maju, Mandiri dan Modern.


By Admin
Dibuat tanggal 19-09-2024
56 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
29 %
Puas
39 %
Cukup Puas
5 %
Tidak Puas
26 %