Produk-produk pertanian unggulan Kabupaten Bojonegoro tampil di TMII Jakarta (Dokumentasi Firmanda Rizky Haditiya/DKPP Bojonegoro)

dinperta.bojonegorokab.go.id – Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) Kabupaten Bojonegoro mengikuti kegiatan pagelaran seni budaya, promosi pariwisata, dan ekonomi kreatif bertema 'Romansa Bambu-Jati Bojonegoro'. Kegiatan yang digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bojonegoro dan Badan Penghubung Provinsi Jawa Timur ini digelar di Anjungan Jawa Timur, Taman Mini Indonesia Indah (TMII) Jakarta, Minggu (8/9/2024). 

Hadir dalam acara tersebut Direktur TMII, Kepala Badan Penghubung Daerah Provinsi Jawa Timur, Bupati Walikota se-Jawa Timur, unsur pimpinan dan anggota DPRD Bojonegoro, jajaran pejabat OPD Pemkab Bojonegoro, serta perkumpulan warga Bojonegoro yang tinggal di Jakarta dan sekitarnya.

Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DKPP) Kabupaten Bojonegoro Helmy Elisabeth, yang ikut hadir dalam kegiatan tersebut, menjelaskan, "Bojonegoro sebagai lumbung pangan sangat berpotensi untuk pengembangan produk-produk hortikultura.  Bahkan saat ini sudah terbukti tanaman anggur dapat tumbuh dan berbuah di Bojonegoro.  Rasanya juga tidak kalah dengan kualitas impor.

Lebih lanjut, Helmy menjelaskan anggur tumbuh di Bojonegoro yaitu di Desa Tlogorejo, Kecamatan Kepohbaru.  Jenis anggur yang ada seperti Ilaria, Julian, dan Everest.  Selain itu, Bojonegoro punya jambu air yang manis dan enak yaitu jambu Citra Arum.  Ada juga melon Fujisawa dari Kecamatan Kanor yang renyah dan manis.

"Selain itu, saat ini kita sedang mengembangkan florikultura. Dulu dimulai dari bunga krisan, mawar, sekarang tambah lagi ada bunga sedap malam di beberapa lokasi di Bojonegoro" katanya.

Harapannya, melalui event di TMII bisa memberikan informasi bahwa petani hortikultura di Bojonegoro tidak kalah dengan kabupaten lain. Pihaknya terus mendorong  kontinuitas produk dan juga menjaga kualitas. Sehingga produk-produk pertanian di Kabupaten Bojonegoro bisa memenuhi kualitas ekspor. [frh]


By Admin
Dibuat tanggal 19-09-2024
28 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
29 %
Puas
39 %
Cukup Puas
5 %
Tidak Puas
26 %