Salah satu Juri melakukan penilaian administrasi terhadap peserta lomba.

dinperta.bojonegorokab.go.id - Capaian pemerintah di sektor pertanian tidak bisa lepas dari peran para pelaku utama dan pelaku usaha yang terus berinovasi dalam mengembangkan usaha taninya. Pemkab Bojonegoro melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) mencoba memberikan apresiasi kepada petani berprestasi melalui Lomba Kreasi dan Inovasi (Krenovasi) Bidang Pertanian Tahun 2023.

Kabid Sumber Daya Manusia dan Pembiayaan DKPP Bojonegoro, Yuni Arba'atun, S.P., M.M. menjelaskan bahwa kegiatan ini merupakan agenda rutin yang diselenggarakan setiap tahunnya.

"Kita perlu memberikan penghargaan kepada Penyuluh Pertanian, Petani, hingga tingkat kelembagaan petani agar mau terus berkembang dan tetap semangat menghadapi kondisi yang serba dinamis. Selain itu, kegiatan ini juga dalam menjaring SDM unggul untuk diikutsertakan ke lomba tingkat Provinsi" ujarnya.

Kelembagaan petani yang baik dapat dinilai dari kelengkapan buku administrasi yang dimiliki. Maka setiap pengurus memiliki tanggung jawab untuk mencatat perencanaan hingga kegiatan yang dilakukan. Hasan Makmur, salah satu peserta lomba perwakilan dari Gapoktan Pengkol Makmur, Desa Pengkol, Kecamatan Tambakrejo mengaku antusias karena mendapatkan pengalaman dan banyak pelajaran berharga.

"Kami ikut lomba Gapoktan Berprestasi, tadi berangkat jam 11.00 dari Tambakrejo, bawa buku-buku administrasi mulai dari buku kegiatan, buku anggota, kas keluar masuk, surat-surat dan banyak lainnya" jelasnya.

Terdapat 9 kategori lomba mulai dari Penyuluh Pertanian, Petani, Kelompok Tani (Pangan dan Hortikultura), serta Gapoktan Berprestasi. Ada juga lomba Unit Pelayanan Jasa Alsintan (UPJA), Kelembagaan Ekonomi Petani (KEP), Pelaku olahan hasil pertanian, serta penilaian terhadap Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) setiap kecamatan.   

Dalam kesempatan yang sama, Sriani SP sebagai salah satu juri penilaian menyampaikan bahwa ini adalah seleksi tahap awal. "Setelah dikomulir dan diperoleh beberapa peserta terbaik di masing-masing kategori akan dilakukan penilaian lapangan untuk mengecek bukti yang disampaikan saat tahap administrasi" tuturnya.

 


By Admin
Dibuat tanggal 27-11-2023
182 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
26 %
Puas
45 %
Cukup Puas
3 %
Tidak Puas
26 %