Strategi pengarusutamaan gender (PUG) dalam proses pembangunan dewasa ini semakin diakui sebagai kebutuhan pembangunan nasional, sebagai upaya pelaksanaan strategi PUG ini Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Republik Indonesia (Kemen PPPA RI)  menyelenggarakan penilaian “Anugerah Parahita Ekapraya (APE)” setiap dua tahun sekali, sebagai salah satu bentuk nyata apresiasi bagi pencapaian kesejahteraan gender, pemberdayaan perempuan, dan perlindungan anak di daerah.  Akibat adanya Pandemi Covid-19, penilaian APE yang seharusnya dilaksanakan pada Tahun 2020 ditunda pada Tahun 2021. Dalam penilaian mandiri melalui aplikasi APE, Kabupaten Bojonegoro mendapatkan Predikat Utama, satu tingkat lebih tinggi dari predikat Madya di Tahun 2018.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian hari ini, Kamis tanggal 1 April 2021 berkesempatan berpartisipasi dalam kegiatan Verifikasi Lapangan “Anugerah Parahita Ekapraya”. Verifikasi lapangan ini merupakan kegiatan untuk menguji kebenaran informasi dan data penilaian mandiri melalui aplikasi APE tersebut. Verifikasi Lapangan dilaksanakan secara Hybrid, dimana Kemen PPPA RI daring dari Jakarta dan Pemkab Bojonegoro bersama Mentor dari DPPPKA Provinsi Jawa Timur bertemu secara luring di Ruang Angling Dharmo Pemkab Bojonegoro.

Kepada Tim Penilai, Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Kabupaten Bojonegoro menjelaskan bahwa  seluruh program prioritas Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Bojonegoro telah berbasis kesetaraan gender. Progam yang Pro kesetaraan gender diantaranya PPM (Progam Petani Mandiri), Pemberdayaan Kelompok Wanita Tani dan Taruna Tani.

Melalui keikutsertaan dalam penilaian penghargaan ini, nantinya diharapkan dapat mampu memotivasi untuk turut serta menciptakan keadilan akses dan manfaat bagi SDM perempuan yang memiliki potensi di berbagai bidang pembangunan, khusunya bidang Pertanian dalam arti luas, berkontribusi dalam kemajuan kesetaraan gender,  peningkatan kesejahteraan masyarakat, serta mampu mewujudkan Kabupaten Bojonegoro menjadi kabupaten yang ramah gender bagi seluruh masyarakat.


By Admin
Dibuat tanggal 01-04-2021
574 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
26 %
Puas
45 %
Cukup Puas
3 %
Tidak Puas
26 %