Beberapa waktu yang lalu benih padi bantuan Program Petani Mandiri-Kartu Petani Mandiri (PPM-KPM) di wilayah kecamatan Sugihwaras sudah dibagi kepada petani yang berhak menerima.

Pada 2020 ini ada 21 kelompok tani di kecamatan Sugihwaras yang mendapatkan program andalan Pemkab Bojonegoro tersebut. Ada banyak manfaat yang diterima bagi petani pemegang KPM, salah satunya adalah bantuan hibah sarana produksi berupa benih padi dan pupuk senilai maksimal Rp 2.500.000, per hektare.

Diantara kelompok tani yang mendapatkan PPM KPM adalah Margo Utomo IV dan Lima, Desa Bareng. Parmin, ketua kelompok tani Margo Utomo IV mengatakan bahwa ia dan anggota kelompoknya sangat senang dengan bantuan benih PPM KPM tersebut. Hal yang sama diungkapkan oleh Jian, ketua Margo Utomo Lima saat pertemuan anggota kelompok tani sebelum pembagian benih kepada anggota masing-masing yang juga dihadiri Kepala Desa setempat, Senin (7/11/2020).

Varietas Inpari 32 HDB sejak awal dipilih dan disepakati oleh 21 pengurus kelompok tani. Di lapangan varietas ini sudah terbukti tinggi produktifitasnya. Menurut diskripsi rerata hasil 6,30 ton/hektare GKG, potensi hasil 8,42 ton/hektare GKG. Selain itu rasa nasi enak dan pulen, kadar amilosa 23,46%. Tingkat rendemen tinggi, juga tahan penyakit hawar daun bakteri (HDB) yang disebabkan oleh bakteri Xanthomonas Oryzae.

Sebagai bentuk pendampingan kepada petani diadakan penyuluhan teknik budidaya kepada anggota kelompok tani Margo Utamo Lima, Sabtu (7/11/2020), Margo Utomo IV, Senin (9/11/2020).

Agar hasil panen maksimal petani perlu mengadopsi paket teknologi Pengelolaan Tanaman Terpadu (PTT) Padi.

PTT Padi terdiri dari 2 komponen teknologi, yaitu teknologi dasar dan pilihan.
Komponen Teknologi Dasar:
1. Varietas Unggul Baru (VUB)
2. Benih Bermutu dan Berlabel
3. Pemberian Bahan Organik
4. Pengaturan Populasi Tanaman
5. Pemupukan Berdasarkan Status Hara Tanah

Komponen Teknologi Pilihan:
1. Pengolahan Tanah dan Pola Musim
2. Penggunaan Bibit Muda < 21 HSS
3. Tanam Bibit 1-3 Batang Per Lubang
4. Pengairan Berselang atau Intermitten
5. Penyiangan dengan Landak atau Gasrok
6. Panen Tepat Waktu

 

Oleh : Iskak Riyanto, SP  -  PPL BPP Sugihwaras.


By Admin
Dibuat tanggal 28-11-2020
92 Dilihat