Bertempat di rumah Bapak Warso Dusun Jambangan Desa Bakalan Kecamatan Tambakrejo,yang dihadiri ,Korluh Pertanian, Babinsa, Kepala Desa, Kasun, Pengurus Poktan dan warga tani terdiri bapak dan ibu RT. 01 dan 02 telah diselenggarakan Pertemuan pembentukan Kelompok Tani baru.

Dalam pertemuan tersebut ada arahan dari beberapa pejabat, antara lain :
Kepala Desa Bakalan Bapak Subari menyampaikan, bahwa pemecahan kelompok sangat membantu meringankan dalam memberikan pelayanan kepada petani, oleh karenanya beliau sangat mendukung dan mengucapkan terima kasih .
Babinsa Bapak Supriyadi dikesempatan yang sama memohon kepada pengurus untuk kerjasamanya dalam kegiatan kelompok menyalurkan pupuk subsidi,  laporan luas tanam, serta bantuan dari APBN.


Pembinaan dari Korluh Pertanian Kecamatan Tambakrejo, penumbuhan kelompok salah satu cara mendekatkan pelayanan kepada petani, keanggotaan kelompok yang banyak akan menyulitkan pengurus dalam pendataan dan pelayanan kepada petani, tumbuhnya kelompok tani juga dapat sebagai sarana pemicu persaingan dalam kemajuan kelompok tani dari yang tidak aktif menjadi aktif.

Dalam penumbuhan kelompok tani baru harus mampu melaksanakan aturan-aturan yang dituangkan dalam AD-ART yang dibuat oleh kelompok tani.
Pertemuan rutin dan musyawarah adalah kunci sukses sebuah kelompok tani,karena semua permasalahan dan solusi di situ bisa dipecahkan
Selanjutnya diselenggarakan musyawarah Pemilihan pengurus, secara langsung dengan hasil musyawarah,sebagai berikut :
1 Nama Kelompok Tani : JAMBANGAN MAKMUR
2.Susunan Pengurus,
    -Ketua. :WARTININGSIH
    -Sekretaris. :BUDI HARIANTO
    -Bendahara :SUWARNO
    -Pengawas :SUMARNO
Hasil musyawarah pembentukan Poktan baru ,dituangkan dalam berita acara sebagai laporan Ke BPP kecamatan Tambakrejo untuk dimasukan ke Aplikasi SIMLUHTAN Kementerian Pertanian di Jakarta dan laporan ke Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro untuk regrestrasi dan Usulan SKT Bupati Bojonegoro
Poktan baru dengan wilayah binaan RT.01 dan RT.02, Jumlah anggota : 60 orang dan Luas lahan : 62,09 ha.


Dengan terbentuknya Poktan baru diharapkan perkembangan kelompok tani bisa berjalan dengan baik dan efektif, sehingga mampu mendukung mensukseskan program - program pertanian.


Oleh : Kariyono,SP - Korluh BPP Kecamtan Tambakrejo.


By Admin
Dibuat tanggal 09-11-2020
792 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
26 %
Puas
45 %
Cukup Puas
3 %
Tidak Puas
26 %