Bertempat di Aula Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro pada hari Rabu,19 Agustus 2020 diselenggarakan pembinaan tiga belas kelompok tani sekaligus penyerahan bantuan penerima bantuan alsintan pasca panen Power Tresher Multiguna (PTM) sebanyak 13 unit tahun 2020 sumberdana APBD II KabupatenBojonegoro.

Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Bojonegoro, Helmy Elisabeth SP MM, dalam sambutannya mengatakan bahwa bantuan alsintan Pasca panen Power Tresher Multi guna (PTM) merupakan upaya Pemerintah Kabupaten Bojonegoro dalam hal ini melalui Dinas Pertanian Kab. Bojonegoro membantu kelompok tani yang masih menghadapi kendala dalam penanganan pasca panen yaitu masih tingginya kehilangan hasil tidak hanya padi tetapi juga jagung dan kedelai.

Kelompok tani dalam mengelola pemanfaatan bantuan alsintan Pasca panen diharapkan memaksimalkan peran Usaha Pelayanan Jasa Alat dan Mesin Pertanian (UPJA) Sehingga penggunaan alat dan mesin pertanian dapat dirasakan oleh anggota kelompok tani dan menghasilkan keuntungan usaha, sehingga kelompok tani secara perlahan dapat mandiri.

Diharapkan dengan disalurkannya bantuan alat pasca panen berupa Power Tresher Multiguna (PTM) memberikan manfaat meningkatkan produksi padi, jagung, dan kedelai dengan menekan kehilangan hasil dan tercapainya mutu gabah yang lebih baik disaat penanganan pasca panen dibandingkan menggunakan alat pasca panen konvensional khususnya bagi kelompoktani penerima.

Oleh : Mirna Setyorini, STP-Penyuluh Pertanian Kab. Bojonegoro


By Admin
Dibuat tanggal 26-08-2020
803 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
26 %
Puas
45 %
Cukup Puas
3 %
Tidak Puas
26 %