Loading
X
Selamat Datang di Portal Resmi Dinas Pertanian Bojonegoro © 2014
PELATIHAN ALSINTAN GUNA MENDUKUNG PROGRAM KOSTRATANI

Pada tanggal 17-19 Pebruari 2020 dilaksanakan Pelatihan Alat dan Mesin Pertanian (Alsintan) Combine Harvester di Balai Penyuluhan Pertanian (BPP) Dander Kabupaten Bojonegoro, Propinsi Jawa Timur kepada sejumlah petani dari beberapa kecamatan se-kabupaten.

Acara dibuka oleh Kepala Dinas Pertanian Bojonegoro yang diwakilkan Kepala Bidang Sarana dan Prasarana, Ir. Imam Nurhamid A.A. Sementara dari BBPP Batu selaku pendamping kegiatan KOSTRATANI, dalam hal ini diwakili oleh Parto Wicaksono, SP, M.Si (Widyaiswara Ahli Muda) menyampaikan bahwa pelatihan ini sangat penting untuk meningkatkan ketrampilan petani dalam mengoperasionalkan Alsintan terutama Combine harvester.

Selama 3 (tiga) hari petani belajar teori dan praktek tentang pengenalan dan perawatan serta mengoperasionalkan alat Combine harvester. Selain itu juga ada materi tentang ubinan, yang disampaikan oleh Petugas KSK Kecamatan Dander, Tony Sugeng Siswoyo, SH yang dilanjut dengan praktek di lapang. Selama pelatihan tersebut, peserta sangat antusias hadir dan mengikuti setiap materi yang disampaikan.

Hari terakhir, materi di isi dengan Rencana Tindak Lanjut (RTL) dari masing-masing peserta. Selanjutnya dirangkai dengan penutupan pelatihan oleh Kepala Dinas Pertanian Kab. Bojonegoro, Helmi Elisabeth, SP, MM. Beliau menerangkan bahwa pelatihan ini sebagai bentuk dukungan pemenuhan produksi pangan. Semoga peserta pelatihan dapat menerapkan hasil pelatihan ini di daerah masing-masing. Acara ditutup dengan foto bersama.

Oleh : Anna Yuli Soniawati, STP, Penyuluh Pertanian Kec. Dander