Loading
X
Selamat Datang di Portal Resmi Dinas Pertanian Bojonegoro © 2014
GERAKAN NASIONAL PEMULIHAN DAERAH ALIRAN SUNGAI (GNPDAS) DI DESA GLAGAHAN KECAMATAN SUGIHWARAS

Kegiatan Gerakan Nasional Pemulihan Daerah Aliran Sungai (GNPDAS) dilaksanakan di lapangan desa Glagahan pada Harikamis 27 Februari 2020 mulai pukul 07.00 pagi. Acara ini diawali dengan suguhan tari thengul yang merupakan tari khas dari kabupaten Bojonegoro dan pernah memecahkan rekor muri.

Selanjutnya sambutan dari KLHK provinsi JawaTimur yang menyampaikan tentang pelaksanaan kegiatan GNPDAS tingkat provinsi. Sambutan berikutnya dari Bupati bojonegoro yang dilanjutkan dengan penanaman pohon secara simbolis di desa Glagahan.

Bupati Bojonegoro dalam sambutannya menyampaikan bahwa kegiatan GNPDAS ini sesuai dengan gerakan penanaman pohon yang juga menjadi program di Kabupaten Bojonegoro.

Selain itu, dengan adanya penanaman pohon ini, diharapkan dapat menurunkan suhu udara di kabupaten Bojonegoro yang cenderung meningkat sebagai salah satu akibat adanya exploitasi migas.

Desa Glagahan, dan Panemon merupakan desa diwilayah kecamatan Sugihwaras yang dilalui oleh aliran sungai Pacal, yang sangat dirasakan manfaatnya untuk mengairi lahan persawahan. Dalam kegiatan tersebut, tanaman keras yang ditanam adalah pohon trembesi dan angsana, sedangkan yang termasuk pohon buah- buahan seperti Sirsak, Nangka dan Kesemek.

GNPDAS merupakan sebuah gerakan yang diinisiasi oleh KLHK bersama masyarakat untuk meningkatkan kesadaran dalam memulihkan hutan dan lahan untuk penyelamatan sumberdaya air, produktivitas lahan, perubahan iklim dan pencegahan bencana hidrometeorologi.

GNPDAS juga merupakan pengembangan atas agenda tahunan penanaman pohon Indonesia (HMPI) dengan perspektif yang lebih luas yaitu pemulihan lahan kritis di hulu DAS.

Oleh : LULUK ARDIANA, A.Md - Penyuluh Pertanian Kec. Sugihwaras