H

idroponik berasal dari bahasa Yunani yaitu hydro yang berarti air dan ponos yang artinya daya. Hidroponik juga dikenal sebagai soilless culture atau budidaya tanaman tanpa tanah. Jadi hidropnik berarti budidaya tanaman yang memanfaatkan air dan tanpa menggunakan tanah sebagai media. Dengan memenuhi kebutuhan nutrisi (unsur hara) setiap tanaman dapat tumbuh dengan baik walaupun tidak menggunakan media tanah. Selain nutrisi unsur lain yang harus diperhatikan antara lain adalah kebutuhan oksigen, air dan sinar matahari.

Kelebihan tanaman hidroponik antara lain ramah lingkungan, hemat air karena penggunaan air hanya 1/20 dari tanaman biasa, efisiensi tenaga dan waktu, tidak membutuhkan tempat yang luas, dapat ditanam dimana saja, pertumbuhan tanaman lebih cepat dan kualitas hasil tanaman dapat terjaga, tidak mengenal musim dan lain-lain.

6 DASAR SISTEM HIDROPONIK

  1. SISTEM SUMBU (WICK)

Sistem paling sederhana ini merupakan sistem pasif/tidak bergerak dengan memanfaatkan daya kapilaritas sumbu untuk menyerap larutan nutrisi.

  1. SISTEM KULTUR SIR (WATER CULTURE)/RAKIT APUNG

Sistem ini juga merupakan sistem sederhana namun bersifat aktif/bergerak dengan cara mengapungkan tanaman dengan menggunakan styrofoam di atas permukaan larutan nutrisi, serta dengan memasang pompa udara/aerator untuk ketersediaan oksigen terlarut bagi tanaman.

  1. SISTEM PASANG SURUT (EBB AND FLOW/FLOOD AND DRAIN)

Sistem dimana larutan nutrisi diberikan dengan cara menggenangi/merendam media tanam (zona akar) untuk beberapa waktu tertentu, setelah itu larutan nutrisi tersebut dialirkan kembali ke bak penampungan.

  1. SISTEM FERTIGASI (FERTILIZER AND DRIP IRRIGATION)

Sistem ini dilakukan dengan cara menyiram tanaman dengan meneteskan larutan nutrisi. Biasanya digunakan pompa dan pengontrol waktu untuk mengaturnya.

  1. SISTEM NFT (NUTRIENT FILM TECHNIQUE)

Sistem dimana larutan nutrisi diberikan sangat dangkal/tipis dan mengalir terus menerus. Keuntungan dari sistem NFT adalah tercukupinya pasokan air, oksigen dan nutrisi pada akar tanaman yang terkena.

  1. SISTEM AEROPONIK

Sistem ini merupakan sistem hidroponik yang menggunakan teknologi tinggi. Seperti pada sistem NFT, namun akar yang menggantung di udara dikabutkan dengan larutan nutrisi. Pengabutan dilakukan dengan pengaturan waktu.

 MEDIA TANAM HIDROPONIK

Beberapa contoh media tanam hidroponik yaitu : Arang sekam, Rock wool, spon/busa, Serbuk serabut kelapa, Zeolite, Pecahan genteng/batu bata, Kerikil, Serbuk serat pakis, dll.

 

NUTRISI HIDROPONIIK

Larutan nutrisi terdiri dari berbagai garam pupuk yang dilarutkan ke dalam air dan digunakan sebagai sumber nutrisi bagi tanaman yang dibudidayakan secara hidroponik. Nutrisi untuk tanaman hidroponik disesuaikan dengan kebutuhan unsur hara setiap tanaman, sehingga tanaman bisa optimal pertumbuhannya. Nutrisi hidroponik biasa disebut nutrisi AB mix yang oleh formulatornya disesuaikan dengan jenis tanaman.

 

CONTOH MENANAM HIDROPONIK DENGAN WICK SYSTEM

  1. Potong rockwool seperti dadu ukuran 2cm x 2cm x 2cm (rockwool dpt diganti dg media tanam yang lainnya). Basahi rockwool dengan air biasa.
  2. Buat lubang di tengah rockwool dengan tusuk gigi.
  3. Masukkan benih ke dalam lubang (jangan terlalu dalam).
  4. Tutup dan simpan di tempat yang gelap.
  5. Setelah benih pecah kulit/keluar bakal akar/berkecambah, segera kenalkan dengan sinar matahari (agar tidak etiolasi/kutilang atau kurus tinggi langsing) dan jaga kelembaban rockwool. Setiap hari basahi rockwool supaya lembab.
  6. Siapkan wadah, larutkan nutrisi AB mix (1 liter air + nutrisi A 5ml + nutrisi B 5ml)
  7. Pindahkan rockwool dengan semaian yang telah berdaun 4 atau lebih pada netpot yang telah diberi sumbu dan nutrisi.
  8. Letakkan pada lokasi yang terkena sinar matahari.

”Hidroponik sebagai jawaban kebutuhan akan pangan masa depan, bukan suatu keharusan tetapi sebagai sebuah solusi”

…..SELAMAT MENCOBA, SEMOGA BERMANFAAT…..

 

*Dibuat oleh : Indhah Sulistyorini (PPL  Kec. Malo)

(Nomer HP/WA : 08125244054)

 **Sumber : dari berbagai sumber

 


By Admin
Dibuat tanggal 20-04-2021
575 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
0 %
Puas
0 %
Cukup Puas
0 %
Tidak Puas
100 %