Loading
X
Selamat Datang di Portal Resmi Dinas Pertanian Bojonegoro © 2014
PENYULUH PERTANIAN BERSAMA PEMERINTAHAN DESA MEMBANGUN KELOMPOKTANI

Desa Sumberagung Kecamatan Kepohbaru pada hari jum’at tanggal 28 pebruari tahun 2020 telah malaksanakan reorganisasi pengurus kelompoktani beserta kepengurusan gapoktan. Kegiatan tersebut dilakukan di  aula Balai Desa Sumberagung secara terbuka dan transparan, dan dihadiri oleh Koordinator Penyuluh Pertanian Bapak Basuki, Amd,  Penyuluh pertanian Desa Sumberagung dan pihak –pihak lain yang turut membantu serta mendukung kegiatan.

Kegiatan  ini dipelopori langsung oleh Pemerintah Desa, terutama Bapak Rifa’i, S.sos selaku Kepala Desa.

Pada sambutannya bapak Rifa’i mengatakan bahwa kelompoktani merupakan wadah bagi masyarakat petani dalam menyalurkan aspirasi berupa gagasan–gagasan yang  membangun didalam kelembagaan kelompoktani  serta pengembangan kreativitas  yang dimiliki anggotanya. Beliau berharap dengan adanya reorganisasi kepengurusan kelompoktani dapat meningkatnya  sumberdaya manusia (pengetahuan, sikap dan kerampilan) dalam berusatani yang lebih baik lagi sehingga kesejateraan anggota beserta keluarga dapat terwujud.

Setelah sambutan dari bapak kepala Desa, dilanjutkan dengan bapak Basuki selaku koordinator Penyuluh Pertanian kecamatan Kepohbaru tentang proses, tahapan-tahapan yang perlu dilakukan untuk menjadi suatu  kelompoktani yang maju, mandiri dan modern.

Pada kegiatan reorganisasi tersebut bapak Basuki menjelaskan secara jelas, tentang fungsi kelembagan kelompoktani dan  peran pengurus dalam hal ini Ketua, Sekretaris, Bendahara dan Sseksi/Unit didalam suatu kelembagaan seperti yang diuraiakan  dalam  peraturan Menteri Pertanian (Permentan)  Nomor 67 tahun 2016.

Beliau juga menekankan kepada pengurus kelompoktani yang baru atau yang  terpilih dapat menjadi agen perubahan terutama meningkatnya kegiatan pertanian melaui pertemuan – pertemuan rutin yang terjadwal di masing masing kelompoktani, sehingga tercipta hubungan yang harmonis baik antar anggota dan juga sama petugas dalam hal ini penyuluh pertanian wilbin dan lembaga-lembaga  lainnya.

Sebelum kegiatan Reorganisasi dimulai perwakilan dari kelompoktani dan gapoktan yang diwakili oleh bapak Suparlan menceritakan bahwa pengurus kelompoktani harus memliki semangat dan jiwa sosial yang tak bertepi artinya memliki semangat itu harus siap menjadi pelopor bagi anggotanya di dalam mengembangkan usahatani serta memiliki jiwa sosial tinggi artinya untuk pengurus kelompotani tidak ada bayarannya. Dan kami selaku pengurus lama akan selalu mendukung kegiatan kegiatan dikelompoktani  khususnya yang berada di Desa Sumberagung ini.

Di akhir kegiatan perwakilan dari pengurus kelompoktani lama yang diwakili oleh bapak Suparlan menyerahkan dokumen beserta assetnya  kepada perwakilan dari pengurus baru yang terpilih secara simbolis dan di saksikan oleh Kepala Desa, Koordinator Penyuluh Pertanian, Penyuluh Pertanian dan Anggota kelompok.

 

Oleh : Mudjito - Penyuluh Pertanian Kecamatan Kepohbaru