Sebagai Negara agraris maka sektor pertanian menjadi sektor yang sangat kuat dalam perekonomian terutama dalam proses penyediaan pangan. Desa Tanjung merupakan salah satu desa yang ada di Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro.dengan mayoritas utama mata pencaharian penduduknya sebagai petani terutama tanaman pangan dengan komoditi unggulan tanaman padi dan jagung. Dan peran ganda wanita tani sangat strategis dalam peningkatan produktifitas usaha tani dan berpotensi untuk meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan keluarga petani.

 Adanya dukungan,bimbingan dan arahan dari petugas pertanian yang ada di BP3K Kecamatan Tambakrejo dan dukungan dari pemerintah desa setempat serta keinginan dan kebutuhan bersama ibu-ibu dengan latar belakang organisasi keagamaan yang ada di Desa Tanjung pada hari senin tanggal 8 Juli 2019 secara mufakat dan musyawarah membentuk kelompok tani wanita yang diberi nama “ DEWI SRI “ sebagai wadah untuk menjalin kerjasama yang legalitasnya diakui oleh pemerintah dan masyarakat. Dalam pertemuan tersebut dihadiri oleh seluruh petugas pertanian yang ada di kecamatan Tambakrejo sekaligus memberikan arahan dan pembinaan agar kelompok tani wanita yang telah terbentuk tersebut bisa tumbuh berkembang menjadi kelompok tani wanita yang mandiri. Ada beberapa unit usaha yang rencananya akan dikembangkan,namun akan diputuskan dan disepakati pada pertemuan berikutnya. Dari hasil kesepakatan pertemuan rutin diljadwalkan selapanan yaitu setiap senin wage jam 10.00 – 12.00.

Terbentuknya kelompok tani wanita bisa menjadi wahana bagi para anggota untuk belajar berorganisasi, menumbuh kembangkan kerjasama antar anggota dan pihak lain dalam usaha mengembangkan usaha taninya, selain itu dengan bergabungnya dalam wadah kelompok tani wanita dapat membantu menggali potensi yang ada, memecahkan masalah usaha tani anggotanya agar lebih efektif dan memudahkan mengakses informasi pasar, permodalan, teknologi dan sumber daya lainnya.

Pada dasarnya kelompok tani dibentuk atas dasar untuk mencapai peningkatan kesejahteraan bagi anggotanya, oleh karena itu pembentukan kelompok tani memiliki harapan ke depan agar kelompok tani yang sudah terbentuk tersebut dapat menjalankan usaha taninya secara mandiri dan sukses, karena baru terbentuk kelompok tani wanita baru tentunya masih minim pengalaman karena itu perlu adanya kawalan dan pendampingan oleh penyuluh di tingkat lapangan secara terus menerus.

 

Oleh : Endang Sugiarti, THL TB PP Kecamatan Tambakrejo Kabupaten Bojonegoro.

 


By Admin
Dibuat tanggal 15-08-2019
620 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
26 %
Puas
45 %
Cukup Puas
3 %
Tidak Puas
26 %