Loading
X
Selamat Datang di Portal Resmi Dinas Pertanian Bojonegoro © 2014
MANFAAT BRIGADE ALSINTAN BAGI KELOMPOK TANI WAHYU SEJATI DESA BOBOL KEC. SEKAR KAB. BOJONEGO

Saat musim penguhujan para anggota tani sangat antusias sekali dalam menfaatkan bantuan alsintan jenisnya traktor. Digunakan persiapan pengolahan tanam padi anggota kelompok tani wahyu sejati tepatnya di dusun Banggeran Desa Bobol Kecamatan Sekar. Sangat berharap jenis bantuan traktor bagi anggota kelompok tani sangat membantu dalam olah tanah juga biaya pengolahan lahan.
Mengapa warga kelompok tani Wayuh sejati antusias sekali mengingat daerah jauh dari poros desa alat alsintan dirasa bermanfaat bagi kemakmuran walau masih belum maksimal dalam menoprasikan alat tersebut. Akan tetapi kalau melihat topografi dusun Banggeran sangat berterimakasih dengan adanya bantuan traktor yang sifatnya dalam bentuk brigade ini.
Brigade Alsintan adalah tim yang memonitor penggunaan alsintan setiap harinya. Bila di bandingkan memakai alat bajak sawah jaman dahulu yang masih memakai alat bantu hewan yaitu sapi, sangat kurang efisiensi mengapa demikian daerah sawah tadah hujan bila dalam mengerjakan sawah tidak cepat maka air cepat meresap dalam tanah. Juga dapat menhemat biaya dan tenaga kerja para anggota kelompok tani.
Brigade Alasintan dapat menekan biaya oprasional dalam mengerjakan sawah juga bercocok tanam jagung. Kelompok wahyu sejati dalam mengoperasikan alat tersebut sudah tertata rapi mengapa demikian. Anggota kelompok dalam mengoperasikan dikenai biaya perawatan juga biaya operatornya akan tetapi masih dibawah harga dilapangan khususnya di dusun Banggeran biaya tersebut dimasukan ke kas kelompok untuk penguatan permodalan kelompoknya adapun itu semua sudah di sepakati oleh anggota kelompok wahyu sejati. Juga dapat menbantu anggota yang tidak mampu untuk menyewa alat traktor, kelompok wahyu sejati sudah memiliki 2 traktor dirasa masih kurang karena sangat banyaknya anggotanya .
Dari segi finansialnya dari para anggota kelompok dapat menghemat biaya hampir 50% dari menyewa traktor lain bukan milik kelompok tani. Dengan adanya Brigade alasintan ini para petani cukup senang adanya bantuan tersebut. Jadi alsintan sangat membantu para anggota kelompok tani wahyu sejati dalam olah tanah. Sehingga hasil yang diperoleh dapat meningkatkan tarap hidup para anggota khususnya warga dusun Banggeran desa Bobol Kec Sekar. Dari hasil panen padi yang pada umumnya tidak dijual oleh masyarakat setempat hanya untuk konsumsi sendiri mengingat hasil dari hamparan yang rata-rata kurang dari 0,35 ha per orang. Sambutan warga dusun banggeran sangat antusias adanya alat bantuan apapun jenisnya sangat dibutuhkan karena manfaatnya cukup baik dalam meningkatkan tarap kehidupan warga petani.
(Oleh SISWANTO,SP THL-TBPP Kecamatan Sekar)