Loading
X
Selamat Datang di Portal Resmi Dinas Pertanian Bojonegoro © 2014
PERTEMUAN RUTIN POKTAN, GAPOKTAN DAN KIOS RESMI PUPUK BERSUBSIDI SE-KEC. KASIMAN KAB. BOJONEGORO

Kecamatan Kasiman merupakan kecamatan yang paling barat di kabupaten Bojonegoro, yang berjarak sekitar 36 km dari ibu kota kabupaten Bojonegoro. Yang secara administrative terdiri dari 10 desa. Batas wilayah kecamatan Kasiman adalah sebelah utara kecamatan kedewan, sebelah timur kecamatan malo,sebelah selatan kecamatan padangan dan Begawan solo,sebelah barat kecamatan cepu kab. Blora
Balai Penyuluhan Pertanian ( BPP ) kecamatan Kasiman merupakan lembaga pemerintah yang bertugas dan bertanggung jawab dalam penyelenggaraan penyuluhan pertanian di wilayah kecamatan Kasiman. Sampai saat ini BPP kecamatan Kasiman belum mempunyai kantor sendiri, dengan arti masih menumpang di rumah dinas koramil yang sudah tidak di pakai dan letaknya masih satu kawasan dengan kantor kecamatan kasiman. Alamat BPP kecamatan kasiman juga masih mengikuti alamat kantor kecamatan kasiman yaitu jl. Diponegoro no 14 desa Batokan Kecamatan Kasiman Kabupaten Bojonegoro kode pos 62164.
BPP Kecamatan Kasiman mempunyai kelompok tani ( Poktan ) binaan sejumlah 29 poktan, 10 Gapoktan, 8 kelompok wanita tani, 7 kelompok taruna tani, 4 HIPPA dan 5 kios / agen pupuk resmi. Dengan total luas lahan di kecamatan kasiman yaitu untuk sawah 1778 ha dan tegal 1006 ha. Dengan Komoditas utama di kecamatan kasiman adalah tanaman pangan ( Padi dan Jagung ).
Setiap bulan di BPP kecamatan Kasiman rutin di adakan pertemuan dengan semua pengurus poktan, gapoktan dan kios serta distributor pupuk bersubsidi dan petugas popt. Dan hal tersebut sudah menjadi agenda wajib tiap bulan.i Dalam pertemuan rutin tersebut banyak sekali informasi dan masalah di tingkat petani yang di bahas. Pada pertemuan kemarin hari kamis 10 januari 2019, Hal yang di sampaikan adalah
- Mengenai serangan hama penggerek batang pada tanaman padi, pengamatan rutin di lapangan terus di tingkatakan dan pengendalian OPT sedini mungkindan sesuai dengan PHT ( pengendalian hama terpadu )
- Masalah keterlambatan pupuk, kebetulan distributor ada jadi petani bisa langsung tanya ke distributor dan hari sabtu 12 januari 2019 dari pihak distributor bisa langsung kirim ke kios pupuk bersubsidi.
- Perkiraan cuaca dari BMKG.
- Membahas tentang sekolah lapang yang akan di adakan di tiap desa.
Dari pertemuan tersebut banyak sekali manfaat yang di rasakan oleh kelompok tani.

(Oleh ASRI DEWI, A.Md , PPL KEC.KASIMAN)