agung merupakan komoditas tanaman pangan yang memiliki peranan strategis dalam pembangunan nasional. Permintaan jagungpun terus mengalami peningkatan berbanding lurus dengan pertumbuhan penduduk sebagai dampak dari peningkatan kebutuhan pangan.
Menyadari fungsi dan peran pentingnya jagung tersebut, maka pemerintah berupaya untuk mewujudkan swasembada jagung melalui peningkatan produksi jagung secara berkelanjutan. Hal tersebut diwujudkan dengan adanya kerjasama antara Kementerian Pertanian dengan Koperasi Mitra Santri Nasional (KMSN) untuk memberikan bantuan benih jagung pada pondok pesantren melalui Program Pemberdayaan Ekonomi umat berbasis Pondok Pesantren.
Di Kabupaten Bojonegoro sendiri Program tersebut baru pertama kali dilaksanakan di tahun 2018 melalui Dinas Pertanian. Bantuan benih jagung sebanyak 18.060 kg disalurkan langsung ke beberapa Pondok Pesantren yang telah diverifikasi oleh Dinas Pertanian antara lain Pondok Pesantren di Desa Klepek Kecamatan Sukosewu, Desa Kunci Kecamatan Dander, Desa Pelem dan Kuniran Kecamatan Purwosari, Desa Temayang Kecamatan Temayang, Desa Malo dan Tambakromo Kecamatan Malo, dan Desa Cancung Kecamatan Bubulan.
(Oleh ANDRIANA RAHMAYANTHI S., SP- Penyuluh Pertanian Kab. Bojonegoro)


By Admin
Dibuat tanggal 16-01-2019
467 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
26 %
Puas
45 %
Cukup Puas
3 %
Tidak Puas
26 %