Upaya mensukseskan pencapaian target swasembada pangan dengan menjadikan Indonesia sebagai lumbung pangan dunia tahun 2045 sudah menjadi tekat bulat dan harus berhasil.Khususnya usaha tani padi dihadapkan pada resiko ketidakpastian serta kemunginan gagal panen sebagai akibat dampak negative perubahan iklim yang dapat merugikan petani. Penyelenggaraan Program AUTP ini bertujuan memberikan perlindungan kepada petani jika terjadi gagal panen akibat risiko banjir, kekeringan, dan serangan OPT dan mengalihkan kerugian akibat risiko banjir, kekeringan, dan serangan OPT kepada pihak lain melalui pertanggungan asuransi. Sedangkan maksud dari penyelenggaraan AUTP ini adalah untuk melindungi kerugian nilai ekonomi usahatani padi akibat gagal panen, sehingga petani memiliki modal kerja untuk pertanaman berikutnya.
Untuk mengatasi dan melindungi petani dari kerugian tersebut,maka pemerintah membantu mengupayakan perlindungan usaha tani dalam bentuk Asuransi Usaha Tani Padi ( AUTP )
Sasaran penyelenggaraan AUTP adalah untuk :
a. Memberikan perlindungan kepada petani jika terjadi gagal panen sebagai akibat resiko banjir, kekeringan,dan serangan OPT.
b. Mengalihkn kerugian akibat resiko banjir, kekeringan dan serangan OPT kepada pihak lain melalui pertanggungan asuransi.
Untuk mensukseskan program AUTP di Dinas pertanian kabupaten Bojonegoro pada hari rabu tanggal 02 Januari 2019 telah diadakan sosialisasi Asuransi Usaha Tani Padi dan Pelatihan Aplikasi Sistem Informasi Asuransi Pertanian (SIAP) yang diikuti oleh seluruh petugas admin dan coordinator penyuluh/Ka UPTD se Kab Bojonegoro. Penyaji dalam pelaksanaan pelatihan adalah Susana, S.Tp . Manfaat yang dapat diberikan kepada petani melalui program AUTP ini adalah memperoleh ganti rugi keuangan yang akan digunakan sebagai modal kerja usahatani untuk pertanaman berikutnya, meningkatkan aksesibilitas petani tehadap sumber-sumber pembiayaan, dan mendorong petani untuk menggunakan input produksi sesuai anjuran usahatani yang baik. Diharapkan setelah sosialisasi AUTP dan Pelatihan Aplikasi Sitem Informasi Asuransi pertanian (SIAP) ini, akan sangat mempermudah penyuluh pertanian dalam pendampingan pada kelompok tani.
(Oleh Sriani, SP Penyuluh Pertanian Kab. Bojonegoro)


By Admin
Dibuat tanggal 03-01-2019
596 Dilihat
Bagaimana Tanggapan Anda?
Sangat Puas
26 %
Puas
45 %
Cukup Puas
3 %
Tidak Puas
26 %